Batu Akik Kalimaya

Posted on May 11, 2015 By

Batu akik jenis ini adalah salah satu batu akik yang paling diburu oleh kolektor batu akik. secara otomatis harganya pasti mahal, harga batu akik kalimaya bisa mencapai puluhan juta dengan kualitas yang tentunya sangat baik dan terjamin.

Batu Akik Kalimaya

Batu Akik Kalimaya (Black Opal)

Secara fisik batu akik kalimaya memiliki corak yang khas dan sangat indah sehingga dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan diri orang yang memakainya. batu ini berasal dari daerah Provinsi Banten. akan tetapi dapat ditemui di Negara lain lain seperti Meksiko, turki, brasil dan beberapa negara lain.

Di dunia Internasional batu ini disebut dengan black opal dan harganya dibandrol sangat tinggi, karena keunikan dan keindahan inilah black opal sangat tersohor sampai manca negara bahkan di Jepang batu akik kalimaya pernah dijadikan maskawin dalam sebuah pernikahan.
Jenis batu akik kalimaya ini abstract tidak ada ketetapan tertentu, dalam artian begini. Jenis batu akik kalimaya sangatlah bervariasi mulai dari bentuk dan motifnya sehingga untuk mengelompokkan dalam suatu jenis sangatlah susah karena satu sama lain pasti berbeda. contoh kalimaya kembang (motif menyerupai bunga) bahkan terkadang ada nama jenis batu akik kalimaya yang aneh. itu semua tergantung corak, bentuk dan warnanya.

Karena mahal dan langkanya batu akik kalimya ini ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengedarkan batu akik kalimaya tiruan alias palsu, untuk anda yang ingin memiliki batu akik kalimaya dan tidak tahu bagaimana cara untuk membedakanya berikut kami beri tips untuk mengetes apakah batu tersebut asli apa palsu:
Pertama, dengan membakarnya. batu akik kalimaya tahan terhadap suhu yang ekstrim entah panas ataupun dingin. ketika anda bakar batu tersebut tidak akan berubah wujudnya dan akan kembali ke suhu normal dengan cepat, begitu pula jika anda dinginkan, misalnya anda taruh kulkas dengan suhu yang sangat rendah. dan ketika dikeluarkan dari kulkas batu akik kalimaya akan tetap baik-baik saja dan akan kembali ke suhu normal dengan cepat.
kedua, dengan mengotorinya. batu akik kalimaya akan tahan terhadap bahan kimia misalnya cat atau minyak. silahkan anda coba dengan menempelkan cat di permukaan batu maka jika diusap atau dibersihkan tidak akan menimbulkan bekas.
ketiga, mengecek serat batu, batu tiruan tidak memiliki serat sedangkan batu akik kalimaya asli memiliki serat alami yang khas.
keempat, batu akik kalimaya asli jika dibandingkan dengan yang palsu akan terasa berat walaupun batu akik yang palsu memiliki ukuran yang lebih besar.

Batu Mulia