Keris Pusaka

Keris adalah salah satu senjata atau benda pusaka khas Indonesia, sangat banyak ditemukan  di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur serta sekitarnya, bentuk fisiknya hampir menyerupai pedang banyak juga jenis keris yang lebih kecil dari pada pedang dan memiliki bentuk yang unik yakni  berkelok-kelok dan di permukaannya ada relief ukiran yang sangat Indah.

keris pusaka sudah dipergunakan sejak zaman dahulu, tentunya setelah nenek moyang kita mengenal besi. Pada sekitar abad IX keris hanya dimiliki dan digunakan oleh para bangsawan dari kerajaan-kerajaan di Jawa, selain para Bangsawan yang memilikinya hanyalah segelintir orang yakni para pendekar yang sakti. Selain digunakan sebagai senjata, keris juga dianggap mengandung kekuatan atau energi gaib didalamnya. banyak sekali mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang keampuhannya.

Misalnya senjata pedang atau samurai akan mampu membunuh musuh harus dengan menikam musuh dengan pedang atau samurai tersebut sedangkan keris cukup menggoreskan sedikit saja dikulit musuh sudah mampu untuk membunuhnya, kisah yang cukup melegenda adalah keris Mpu gandring yang dimiliki oleh Ken Arok, yakni siapa saja yang memegang keris tersebut akan menjadi Raja ditanah jawa. Kisah lainya yang cukup melegenda adalah senjata milik Arya Penangsang yakni keris Kyai setan kober konon kerisnya mampu menghancurkan gunung dan membelah batu.

Untuk saat ini pusaka keris ini sudah sangat sulit untuk ditemukan, hanya para kolektor, paranormal tertentu dan musium lah yang masih menyimpanya, kalaupun ada dan beredar luas untuk diperjualbelikan tentu keris tersebut hanyalah senjata biasa seperti senjata-senjata lainya.

Untuk seorang paranormal, memiliki benda keramat atau benda pusaka sangatlah wajib hukumnya karena akan sangat menunjang kegiatanya yang berkaitan dengan hal-hal mistik. bahkan paranormal tertentu memiliki Benda pusaka tersebut lebih dari satu dan siap memaharkanya bila ada yang menginginkan, tentu harga nya fantastis mengingat benda tersebut sudah sangat langka dan begitu besarnya manfaat ketika sudah memiliki keris tersebut.

Keris yang dimiliki oleh paranormal biasanya mengandung energi yang kuar biasa selain karena diisi oleh paranormal itu sendiri dan beberapa keris juga mengandung khodam didalamnya. contohnya adalah keris semar mesem, berbentuk seperti tokoh pewayangan semar yang telah diisi energi yang berkaitan dengan pengasihan sehingga pemegang Benda pusaka tersebut akan memiliki daya pengasihan yang lebih dibanding dengan orang lainya yang tidak memegang keris tersebut. keris ini banyak diburu oleh orang-orang yang kesulitan dalam mendapatkan jodoh.

page6.2

Keris Semar Mesem

Secara fisik, keris dibagi menjadi tiga bagian yakni mata, hulu, dan sarung. beberapa jenis keris memiliki mata pedang yang berkelok-kelok, di Jawa kebanyakan memiliki jumlah kelokan minimal 3 dan berapapun jumlah kelokannya dapat dipastikan jumlahnya adalah ganjil. di Sumatra bentuk kerisnya bermata lurus alias tidak berkelok.

Tata cara dalam pemakaianya sangat beragam tergantung pada kebiasaan dan budaya masing-masing daerah. untuk daerah jawa keris ditempatkan di pinggang bagian belakang, sementara untuk daerah sumatra dan daerah lainya, pada umumnya menempatkan keris di depan dengan menyelipkanya di pakaian. hal ini menjadi keberagaman budaya yang semakin menambah kekayaan budaya Indonesia.

Banyak sekali jenis pusaka keris di Indonesia terutama di daerah jawa, namun karena kelangkaan dan manfaatnya yang begitu besar maka maharnya pun sangat tinggi untuk meperolehnya. tentu ini banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memperjualbelikan benda pusaka palsu dengan harga yang tinggi. jadi anda harus hati-hati ketika ingin membelinya.