Pesugihan Gunung Kawi

Posted on May 19, 2015 By

pesugihan gunung kawi

Pesugihan Gunung Kawi merupakan salah satu jenis pesugihan yang paling diminati oleh banyak orang, bahkan gunung kawi terkenal sampai manca negara sebagai tempat pesugihan paling diminati.

Gunung kawi terletak di desa Wonosari Kecamatan wonosari Kabupaten malang, Jawat Timur. gunung ini memilki ketinggian sekitarĀ  2500 MDPL, seperti pada umumnya warga pegunungan, penduduk gunung kawi mayoritas bermata pencaharian sebagai petani.

Awal mula Pesugihan gunung kawi mungkin dikarenakan adanya kompleks makam keramat yang terdapat di kawasan gunung kawi, yakni Makam dua ulama’ kondang penyebar agama islam diwilayah sekitar gunung Kawi yakni Eyang Jugo dan eyang sujo

Berdasarkan keterangan Soeryowidagdo (1989), Eyang Jugo ( dengan nama asli Kyai Zakaria II) dan Eyang sujo ( dengan nama asli Raden Mas Iman Sudjono) adalah pendekar terdekat Pangeran Diponegoro. Pada saat perang Jawa (1830) pasukan Pangeran Diponegoro terpecah belah akibat siasat kompeni sehingga terpisahlah kedua nya dengan Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro di asingkan ke makassar dan Eyang Jugo dan Eyang Sujo mengasingkan diri ke gunung Kawi.

Setelah itu keduanya tidak pernah lagi terlibat peperangan, Beliau berdua mengubah perjuanganya lewat jalur pendidikan agama Islam. Selain itu keduanya juga mengajarkan banyak ilmu diantaranya adalah nilai-nilai moral kejawen, ketrampilan bercocok tanam, ilmu beladiri (kanuragan), pengobatan dan lain sebagainya. dengan begitu wilayah tersebut mengalami kemajuan yang cukup signifikan.

Pada tahun 1871, Eyang jugo meningal dunia, 5 tahun kemidian Eyang Sujo juga meninggal dunia. para murid dan para keturunan keduanya tetap menghormati nya. Eyang Jugo meninggal pada malam Jumat legi, oleh karena itu pada malam jumat legi selalu diadakan selamatan tahlil yang dipimpin oleh juru kunci makam beliau. hal serupa juga dilakukan ketika tanggal 1 syuro yakni tanggal dimana Eyang Sujo meninggal.

Konon jika seseorang berziarah kemakam Keduanya dan berdoa’a disertai dengan kepasrahan maka do’anya akan terkabul. Diluar Bangunan makam terdapat sebuah pohon yang dianggap keramat oleh sebagian orang, yakni pohon Dewandaru sebagian orang percaya bahwa pohon ini adalah pohon keberuntungan.
Pohon ini sekilas terlihat seperti pohon cereme, Eyang Jugo dan Eyang Sujo menanam pohon ini dengan tujuan agar orang-orang tahu bahwa daerah tersebut aman.

Para peziarah meyakini jika kejatuhan salah satu bagian dari pohon tersebut akan mendapatkan keberuntungan, entah itu kejatuhan daun, dahan atau bagian pohon lainya. oleh karena itu ketika ada bagian pohon yang terjatuh seketika itu pula para peziarah akan berebut bagian pohon yang terjatuh tersebut.

Cerita tentang Gunung kawi adalah gudangnya pesugihan entah itu tuyul, babi ngepet atau jenis pesugihan lainya dibantah oleh juru kunci makam Eyang Jugo dan Eyang Sujo. Namun sebenarnya cerita itu memang ada dan bukan sekedar mitos belaka, hanya saja letaknya bukan berada dikompleks makam.

Daerah untuk mencari pesugihan gunung kawi ini letaknya sekitar 5km dari kompleks pesarean, terkenal dengankampung pesugihan, hanya saja banyak orang yang tidak tahu letak persisnya dimana. sehingga banyak para pencari pesugihan tersesat ketika mencari pesugihan di gunung kawi. Akan tetapi tidak usah khawatir bagi anda para pencari pesugihan gunung Kawi, karena banyak para makelar berkeliaran disekitar gunung kawi yang akan membantu Anda menemukan letak pesugihan, tentunya dengan imbalan anda bisa meminta tolong para makelar untuk mengatrakan sampai tujuan.

Saat anda sudah sampai di kampung pesugihan, anda tinggal memilih rumah mana yang akan datangi. yang pasti ketika anda mengucap kan salam atau mengetuk pintu pasti akan mendapat sautan berupa pertanyaan yang kurang lebihnya seperti ini ” anda muslim atau kafir” jika anda menjawab muslim anda akan dipersilahkan untuk pulang. akan tetapi jika anda menjawab kafir anda akan dipersilahkan masuk.

ketika anda sudah dipersilahkan masuk mata anda akan ditutupi kain dan anda akan dibawa ke suatu temapat, yang ketika anda membuka tutup mata, anda akan sampai dikolam dengan sebuar parang (pisau besar) ditangan dan dikolam tersebut ada seorang anak kecil, selanjutnya anda akan disuruh untuk membatai anak yang ada dikolam tersebut. biasanya anak itu merupakan perwujudan dari salah satu keluarga Anda.

Jika anda tidak mau membantai anak tersebut anda dianggap tidak sepakat dengan kontrak pesugihan sehingga anda dipersilahkan untuk pulang.jika Anda patuh dan membantai anak tersebut anda dianggap setuju dengan kontrak pesugihan yang akan anda jalani, selanjutnya anda akan menjalani proses pesugihan yang akan anda jalani entah itu pesugihan tuyul, babi ngepet, buto ijo dan lain sebagainya. dan ketika pesugihan sudah berjalan makhluk gaib yang bekerja sama dengan anda akan meminta tumbal nyawa yakni anak yang anda bantai sebelum menyetujui kontrak pesugihan yang anda jalani.

Pesugihan