Tips Sukses Memulai Bisnis Kecil

Posted on May 20, 2015 By

tips sukses

Bagi anda yang ingin memulai suatu bisnis atau usaha yang belum memilki modal besar dan ingin memulainya dengan bisnis kecil-kecilan, mungkin tips sukses memulai bisnis kecil-kecilan ini patut untuk anda terapkan.

1. Realistis

Tips sukses pertama adalah realistis, mengingat modal dan kemampuan anda serba terbatas janganlah anda berharap langsung bisa sukses dan kaya raya, beruntunglah Anda jika memang bisa langsung sukses dan kaya, akan tetapi jika tidak tentu akan menggembosi semangat anda dalam berbisnis. lihat orang-orang yang sukses tentu cara mereka tidak instan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. jadi berpikir realistislah dengan apa yang kamu kerjaka. tetap bekerja kerasa dengan semangat, tekun dan kegigihan.

2. Jangan Berinvestasi Seorang Diri

Dalam berbisnis yang namanya masalah, hambatan dan kerugian sudah pasti akan anda hadapi. jika anda sendirian dalam menginvestasikan uang anda dalam berbisnis tentu akan kesulitan jika harus menghadapi masalah-masalah tersebut. berbeda jika anda mencari patner untuk mengembangkan bisnis anda, tentu akan ada rekan untuk diajak konsultasi pemecahan berbagai masalah dan hambatan yang menghadang. selain itu manfaat jika kita memilki patner bisnis adalah jika bisnis anda bangkrut tentu yang menanggung tidak anda sendiri akan tetapi patner anda juga merasakannya sehingga beban mental yang anda rasakan tidak seberat jika harus melakukan investasi bisnis seorang diri.

3. Perbudak Diri Sendiri

Tips sukses selanjutnya adalah perbudak diri sendiri, dalam menjalankan bisnis kecil-kecilan anda harus siap memperbudak diri sendiri, harus siap bekerja keras tidak mengenal waktu, untuk sementara jangan pikirkan keuntungan pribadi, walaupun status anda adalah bos akan tetapi kerja anda harus leboh keras dari pada karyawan anda. dengan seperti itu anda akan menghemat biasa gaji karyawan, selain itu anda juga memberi contoh yang baik kepada karyaan anda sehingga mereka termitivasi untuk bekerja lebih giat, rajin dan tekun. mereka tentu tidak enak hai jika melihat bos nya bekerja leboh keras dari pada dirinya sendiri yang statusya hanya sebagi karyawan. untuk urusan ini anda harus membuang jauh-jauh gengsi dan sifat arogan seorang bos akan tetapi jangan meninggalkan sifat kepemimpinan anda sebagi seorang bos.

4. hargai waktu

Jangan pernah anda menyia-nyiakan waktu, ketika anda memulai suatu bisnis hargailah waktu anda. dalam mengelola suatu bisnis tentu waktu anda akan banyak tersita demi kemajuan bisnis anda. oleh karena itu jika memilki waktu luang gunakan sebaik mungkin, jangan sekali-kali membuang-buang waktu hanya untuk nongkrong, begadang atau hal lain yang akhirnya bisa merugikan diri anda sendiri. jika anda sudah mulai penat dengan kerjaan anda manfaatkan waktu luang untuk refresing sekedarnya jangan berlebihan.

5. Gunakanlah Seni Merekrut Karyawan

Cepat atau lambat tentu anda akan merekrut seorang karyawan untuk mengembangkan bisnis Anda, yang perlu anda perhatikandalam merekrut seorang karyawan yang pertama adalah kejujuran. kejujuran adalah modal yang sangat penting dan mahal harganya karena btidak semua orang memiliki kejujuran. untuk urusan kemampuan bisa di asah akan tetapi kejujuran adalah watak. jadi sangat sulit untuk mengasah seseorang yang tidak jujur untuk menjadi orang yang jujur. setelah kejujuran lihatlah apakah orang tersebut satu visi dengan kita apa tidak, jika anda memilki karyawan yang satu visi dengan anda tentu anda tidak kesulitan dalam mengontrol dan mengarahkan karyawan anda.

6. Jual kelebihanya buka harganya

Anda harus paham dengan kualitas dan kelebihan produk dan anda juga dituntut harus bisa mengkomunikasikan dengan baik kepada pembeli, jika Anda sudah menguasai keduanya Anda akan bisa menjual produk anda dengan harga yang tinggi dan memiliki banyak pembeli.

7. Ketahui angka dasar

Banyak pebisnis yang gagal karena tidak terlalu memperhatikan angka dasar ini, mereka hanya fokus menjalankan bisnis dan mengukur keuntungan dari bisnisnya. yang dimaksud angka dasar adalah misalnya dalam sebulan berapa jumlah pasti yang anda dapatkan, berapa jumlah yang anda keluarkan sedetail mungkin dari sewa tempat usaha anda, biaya listrik, dan lain-lain. jika anda sudah mengetahui angka dasar tersebut anda mampu memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian.

8. Gunakan teknologi terbaru

Gunakan teknologi terbaru untuk menjalankan bisnis anda, akan tetapi jangan dipaksakan. jika harga dari teknologi tersebut sangat tingi lebih baik gunakan seadanya terlebih dahulu setelah mendapat keuntungan yang lebih baru terapkan teknologi terbaru tersebut. itupun Anda harus mempertimbangkan apakah teknologi itu mampu mendongkrak pemasukan dan perkembangan bisnis anda atau tidak. apabila teknologi tersebut hanya mempermudah pekerjaan anda akan tetapi tidak mampu meningkatkan penghasilan bisnis anda, saya sarankan urungkan saja. cari teknologi yang benar-benar efektif buat bisnis Anda. yakni mempermudah pekerjaan anda dan mampu meningkatkan penghasilan dari bisnis tersebut.

9. Jadilah yang terbaik

Tips sukses berbisnis terakhir adalah jadilah yang terbaik dimata pelanggan atau pembeli.  mungkin produk atau jasa yang anda jadikan bisnis sama dengan pebisnis-pebisnis ain akan tetapi jadilah yang terbaik dalam melayani pelanggan atau pembeli, hal inilah yang bisa mendongkrak popularitas bisnis anda sehingga bisa membuat bisnis anda berkembang.

Rahasia Sukses